Home » » Cara Instal Ulang Windows 7 Dengan Benar

Cara Instal Ulang Windows 7 Dengan Benar

Cara Instal Ulang Windows 7 Dengan Benar - Banyak blog betema IT yang sudah membahasa bagaimana cara menginstal ulang komputer maupun laptop dengan menggunakan windows 7. Oke, mungkin karena windows 7 dirasa sangat bagus baik dari sisi GUI maupun performa maka banyak pemakai komputer yang bermigrasi dari windows XP dan vista ke windows 7. Ada yang menyerahkan pekerjaan instal ulang ini ke bengkel komputer ada juga yang berusaha mencoba instal sendiri. Nah, saya sangat menyarankan bagi anda yang suka belajar teknisi komputer mulai sekarang cobalah menginstal ulang komputer anda sendiri.

Mengapa saya membahas instal ulang windows 7 bukan cara instal windows 7. Saya beranggapan anda adalah orang yang saat ini sedang menggunakan windows XP atau Vista dan ingin bermigrasi ke windows 7. Makanya saya beri judul artikel ini Cara Instal Ulang Windows 7 dengan Benar. Sebab apabila hal ini dilakukan dengan tidak benar maka akan ada sedikit gangguan ketika booting masuk ke windows. Masalah apa biasanya yang terjadi? Yaitu komputer akan menyajikan seolah-olah ada dua syatem operasi yaitu windows versi sebelumnya dengan versi terbaru, dan untuk masuk ke windows kita harus memilih salah satu dan menekan enter. Ini terjadi karena system operasi sebelumnya tidak dihapus secara permanen. Nah, bagaimana agar hal ini tidak terjadi. Mari kita ikuti Tutorial Instal Ulang Windows 7 Dengan Benar.

1. Lakukan Setting BIOS
Setting BIOS dilakukan untuk mengatur booting komputer. Yaitu komputer disetting agar booting dari CD/DVD. Hal ini karena kita akan menginstal windows 7 dengan menggunakan media CD/DVD. Setelah masuk BIOS silakan masuk menu Boot dan pilih Boot Sequence, pastikan Boot CD/DVD ada pada urutan pertama. 

2. Booting Via CD/DVD
Silakan masukan CD/DVD Windows 7 ke CD-ROM dan lakukan booting. Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.
Tekan sembarang tombol agar komputer melakukan booting melalui CD/DVD

3. Starting Windows
Tunggu beberapa saat komputer akan meload file system yang terdapat pada CD/DVD, sehingga muncul seperti gamabr di bawah ini.
Saya sarankan biarkan langguage Engglish dan Time and Currency ganti dengan format Indoensia. Klik Next.

4. Klik Instal Now
Setelah menunggu beberapa saat akan muncul sepeti gambar di bawah ini.
Silakan klik Instal Now

5. Accept Licency
Anda akan dihadapkan pada sebuah kata kesepakatan, langsung aja anda centang I Accept the Licency dan klik Next

6. Pilih Custom Advance

7. Format Ulang Drive C
Nah di sini anda harus hati-hati. Agar hasil instalasi windows benar-benar sempurna ada baiknya anda format ulang terlebih dahulu drive C. Drive C yaitu drive atau partisi dimana syatem windows akan ditempatkan. 
Untuk melakukan format drive C silakan anda klik Drive C dan klik Format. Proses format akan memakan waktu beberapa saat, silakan anda tunggu sampai selesai.

8. Instal Windows dimulai
Setelah melewati langkah di atas maka proses instalai langsung dimulai. Pertama komputer akan mengcopy semua file dari CD/DVD ke drive C.
 

9. Silakan Nyruput Kopi Dulu
Oke pada langkah ke 9 ini kita dipersilakan untuk meluruskan otot dan merefres otak kita dengan nyruput kopi hangat dulu. Hehehe.... Ini dilakukan karena proses instalasi akan memakan waktu dimulai dari Copy file sampai dengan finishing instal akan berjalan dengan sendirinya. Jadi saran saya janga plototin terus tuh monitor, lebih baik anda manjakan dulu diri anda. Hehehe.....

10. Setting Pasword
Oke, ngopinya ditunda dulu. Sekarang windows meminta anda untuk memasukan pasword. tapi kalau anda tidak ingin menggunakan pasword saat login windows silakan anda kosongkan aja dan klik Next.

11. Masukan Produk Key Windows 7
Kalau anda menggunakan CD/DVD original biasanya akan diminta memasukan nomor seri atau produk key dari windows tersebut. Biasanya CD Key ada pada hologram yang menempel pada cover CD/DVD. Tapi kalau anda menggunakan CD/DVD bajakan biasanya produk key sudah dimasukan langsung ketika windows tersebut dikemas dalam file ISO. Jadi langkah ini tidak akan anda temukan. Tahu-tahu selesai aja. Hehehe....

12. Setting Format Waktu
Lihat gambar di atas. Itu adakah gambar dimana kita diperilakan untuk menyeting format waktu sesuai keingin kita. Biasanya untuk pengguna Indonesia menggunakan format waktu GMT +7 Bangkok Jakarta.

13. Proses Instalai Selesai
Nah, proses instalasi sudah selesai dan otomatis akan login ke windows. Selamat anda sudah bisa menikmati semua keunggulan yang dimiliki windows 7.

Tapi masih ada kendala, apabila anda menggunakan windows 7 original yang anda pinjam dari teman atau dari mana saja windows akan berjalan dalam keadaan trial. Artinya anda harus melakukan aktivasi ke microsoft. Nah untuk mengatasi hal ini, saya sarankan akan menggunakan windows 7 loader. Yaitu sebuah tool yang bisa membuat windows trial menjadi windows OEM Genuine atau Full Version. Silakan anda download winows 7 loader pada artikel saya sebalumnya Cara Mengaktivasi Windows 7 Dengan Win 7 Aktivator.

Sumber : http://fadhilgalery.blogspot.com/2012/11/cara-instal-ulang-windows-7-dengan-benar.html

PENTING!!!
ANDA TIDAK BEKERJA? INGIN TAHU INFORMASI LOWONGAN KERJA TERBARU DI KOTA ANDA? KUNJUNGI LOWONGAN KERJA TERBARU DISINI
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Delta Komputer

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : PING by :Ping-o-Matic | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Tutorial dan Free Download - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Re Design by Bang Aris