Bisnis Online
Home » , , » Tutorial Membuat Jejaring Sosial Mirip Facebook Part 1

Tutorial Membuat Jejaring Sosial Mirip Facebook Part 1

Berhubung ada teman saya yang merequest bagaimana cara membuat jejaring sosial sendiri merip dengan facebook seperti yang saya miliki di www.keluarga717.tk berikut adalah tutorialnya.

Mula-mula sebelum kita membuat jejaring sosial saya ingin menerangkan dahulu bahwa postingan ini diperuntukan untuk para pemula yang terdiri dari beberapa part, jadi artikel lumayan cukup panjang dan dilengkapi dengan gambar, untuk para master atau sahabat dam-id yang sudah terbiasa menggunakan CMS Wordpress, Joomla, smf dsb. diharapkan untuk mengambil intinya saja dari postingan saya ini.

Disini semua piranti yang kita gunakan bersifat free atau gratis, jadi saya tidak akan menerangkan yang versi berbayar.

Domain
Pertama kita harus membuat domain terlebih dahulu, layanan domain gratis yang akan kita gunakan adalah co.cc untuk langkah-langkahnya sebagai berikut :

Silahkan mengakses http://co.cc kemudian klik buat account baru sekarang yang terletak di sudut kanan atas layar monitor sahabat dam-id. Setelah itu silahkan isi formulir yang diberikan, jangan lupa ceklis kotak kecil bertuliskan saya menerima persyaratan dan layanan seperti gambar dibawah ini kemudian klik continue.




Setelah button continue di klik maka akan ada tampilan seperti dibawah ini, ketikan ulang sandi atau password kemudian ketikan pula verifikasi kata yang terdapat pada kolom captha lalu klik continue.



Selanjutnya pilih nama domain misal www.namadomain.co.cc untuk contoh kali ini saya memakai domain www.sekelik.co.cc kemudian klik periksa ketersediaan.



Bila nama domain tersedia, kita dapat klik lanjutkan ke pendaftaran namun bila nama domain sudah ada yang memiliki atau tidak tersedia silahkan mengulangi langkah sebelumya dengan mencari nama domain yang tersedia.



Sekarang akun co.cc sahabat dam-id sudah jadi, selanjutnya akan ada tampilan sign in silahkan isikan dengan E-mail dan password yang telah kita buat tadi.

Setelah sign in dengan domain yang telah dibuat, selanjutnya klik setup, perlu diingat domain yang telah kita buat tadi harus di setup atau setting atau aktifkan dengan jangka waktu 48 jam, bila dalam kurun waktu tersebut kita belum mengaktifkan maka domain akan di cancel.



Kini setelah button setup di klik maka sahabat dam-id akan dialihkan ke halaman manage domain kemudian klik button setup kembali.

Disini yang kita butuhkan adalah Name Server (DNS) silahkan klik tab Name Server (DNS) tersebut.


Berhubung host yang kita pakai nantinya adalah http://000webhost.com isikan dengan data sebagai berikut :
Name Server 1 : ns01.000webhost.com
Name Server 2 : ns02.000webhost.com
kemudian klik setup.


Setelah button setup di klik maka co.cc akan menampilkan pesan Your change has been submitted. klik OK.

Sampai disini kita sudah memiliki domain yang siap dihubungkan ke host. Selanjutnya kita akan mendaftar di host kemudian menghubungkannya dengan domain ini, namun untuk hal itu mudah-mudahan akan kita bahas pada edisi selanjutnya atau Tutorial Membuat Jejaring Sosial Mirip Facebook Part 2.

Tips ringan (tips ini bukan bagian penting dari Tutorial Membuat Jejaring Sosial Mirip Facebook) :

* Domain co.cc sahabat dam-id hanya berlaku 1 tahun, silahkan perpanjang antara bulan ke-6 sampai batas akhir berlakunya domain, kemudian silahkan pilih web sahabat dam-id bersifat komersial atau personal. proses penpanjangan ini akan dinilai oleh pihak co.cc, bila web yang digunakan bersifat komersial maka akan dikenakan biaya perpanjangan namun bila bersifat personal maka proses perpanjangan tidak akan dikenakan biaya.

* Domain co.cc baru-baru ini sudah di deindex oleh mesin pencari google sebaiknya bila jejaring sosial (social network) sahabat dam-id telah dibangun menggunakan domain co.cc silahkan daftarkan domain tersebut di google webmaster www.google.com/webmasters/ agar kembali di-index oleh google.

PENTING!!!
ANDA TIDAK BEKERJA? INGIN TAHU INFORMASI LOWONGAN KERJA TERBARU DI KOTA ANDA? KUNJUNGI LOWONGAN KERJA TERBARU DISINI
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Delta Komputer

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : PING by :Ping-o-Matic | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Tutorial dan Free Download - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Re Design by Bang Aris