Bisnis Online
Home » » Cara Jadul Service Komputer Tidak Menyala

Cara Jadul Service Komputer Tidak Menyala

Cara Jadul Service Komputer Tidak Menyala
Ahli Kompi - Sekedar sharing pengalaman service memperbaiki komputer. Dari permasalahan kerusakan komputer banyak penyebabnya, dari yang sekedar kabel power putus/rusak sampai hardisk bermasalah. Berikut cara praktis termudah tercepat mendeteksi kerusakan komputer, klikbebas menyebutnya cara JADUL. (baca juga : Cara Menginstal Windows 7 (interaktif flash player))

Kenapa cara jadul? ya.. dengan sedikit modal kenekatan siapapun bisa melakukan cara ini. Meskipun begitu cara ini bukan berarti bisa menjawab secara keseluruhan permasalahan problem solusi komputer. Namun setidaknya inilah dari pengalaman bergelut bongkar pasang komputer, cara praktis tercepat termudah mengatasi kerusakan komputer dengan gejala tidak menyala.

OK segera dimulai. Ikuti langkah-langkah :

Pertama
Lepas semua perangkat komputer (mulai dari RAM, kabel Hardisk, kabel CD-ROM, Keyboard, Mouse, dll). Yang terpasang hanya motherboard dan prosessor.

Tancapkan kabel power dan monitor --> Nyalakan komputer --> pastikan kabel power dan monitor tidak bermasalah --> pastikan kipas prosesor berputar.

Perhatikan apakah ada bunyi beep panjang yg menandakan RAM tidak tertancap? jika YA, matikan komputer --> tancapkan RAM --> hidupkan komputer kembali --> jika komputer menyala dan tidak ada bunyi beeb, berarti RAM dalam kondisi baik --> silahkan melanjutkan ke langkah Ketiga.


Jika terjadi beeb panjang 1 kali dan diikuti beep pendek 2 kali, kemungkinan masalah terjadi pada VGA.

Kedua
Jika pada langkah Pertama, ketika komputer dihidupkan tidak muncul bunyi beeb sama sekali, kemungkinan besar kerusakan terjadi pada motherboard atau prosessor (untuk prosessor tingkat kemungkinan rusak kecil). Namun jangan langsung memvonis motherboard yang rusak. Coba lepas kembali RAM dan baterai CMOS/clear CMOS dalam keadaan kabel power dilepas --> lakukan dalam beberapa menit +/- 5 menit --> ulangi ke langkah Pertama, jika menyala lanjutkan ke langkah Ketiga.

Ketiga
Cara Jadul Service Komputer Tidak MenyalaTancapkan komponen lainnya satu persatu --> nyalakan komputer --> lacak apakah komponen yang dipasang bekerja dengan baik? --> jika OK, lanjutkan memasang komponen lainnya.
Lakukan memasang satu per satu mulai dari : Keyboard, Mouse, Hardisk, CD-ROM.


Simple kan? cukup 3 langkah

Ingat
  • Cara ini bisa dilakukan jika motherboard mempunyai Speaker Detection Error.
  • Bunyi beep masing-masing motherboard berbeda tergantung tipe BIOS.

PENTING!!!
ANDA TIDAK BEKERJA? INGIN TAHU INFORMASI LOWONGAN KERJA TERBARU DI KOTA ANDA? KUNJUNGI LOWONGAN KERJA TERBARU DISINI
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Delta Komputer

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : PING by :Ping-o-Matic | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Tutorial dan Free Download - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Re Design by Bang Aris